Panduan Memasang TLD Via Rumahweb

 

Apa itu domain

Artikel kali ini ada hubungannya dengan ilmu teknologi informasi. Terkait pengelolaan website, tepatnya tentang domain. Saya rasa kalian perlu mengetahui lebih dulu arti dan fungsi dari sebuah domain. Sehingga ketika masuk ke pembahasan utama, panduan memasang TLD via rumahweb, tidak bingung.

Arti Domain

Domain adalah sebuah nama yang menjadi alamat website dengan akhiran seperti: .com (. dibaca dot), .net, co.id, .info, .my.id, atau akhiran lainnya. Domain ini terkait dengan alamat IP—Internet Protocol (label numeric yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ). Nama domain akan muncul setelah www. dialamat website.

Dapat dikatakan bahwa domain merupakan salah satu komponen utama website. Nama domain terdiri dari dua unsur, yaitu nama situs dan akhiran. Contohnya, detik.com memuat nama situs (Detik) dan akhiran (.com).

Fungsi Domain

Sistem komputer bekerja dengan memahami angka-angka.  Sebenarnya setiap website diwakili oleh serangkaian angka, alamat IP. Yang nantinya digunakan komputer untuk mengambil data dari server. Misalnya saya ambil contoh situs www.detik.com 

contoh label alamat IP detik.com








Komputer menerjemahkan detik.com menjadi deretan angka numerik 203.190.242.211 (biasa dikenal dengan sebutan alamat IP). Deretan angka numeric tersebut akan berbeda untuk setiap situs. Coba bayangkan kalau kita harus mengingat deretan angka-angka setiap kali mengunjungi sebuah website. Mager banget, kan.

Gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi domain adalah untuk mempermudah pengunjung mengakses sebuah website. Kita hanya perlu mengetik nama domain tanpa harus menghafal alamat IP. Oleh karenanya usahakan membuat nama domain dengan nama unik dan singkat, agar mudah diingat.

TLD—Top Level Domain

Memang benar nama domain yang mudah diingat akan lebih mudah dikunjungi. Inilah mengapa domain menjadi salah satu komponen penting dari sebuah website. Namun, ada hal lain yang harus dipertimbangkan selain nama domain, yaitu Top Level Domain. TLD adalah bagian akhir dari suatu domain seperti .com, .edu, .net, dan lain sebagainya.

Adapun fungsi TLD yaitu mengklasifikasi website. Misalnya .edu, ini digunakan untuk website yang berisi tentang pendidikan. Atau .net yang disematkan oleh website yang secara khusus membahas di bidang teknologi. Sedangkan .com biasanya dikategorikan untuk website umum.

Kalau kalian ingat, nama website saya sebelumnya dwinov-swa.blogspot.com. Nama domain tersebut merupakan nama gratis yang saya peroleh dari website builder blogspot.com, layanan Blogger. Namun, tipe ini kurang cocok untuk orang yang ingin membangun website secara profesional. 

Belajar Ngeblog di ODOP Blogger Squad

Selain memiliki fungsi mengklasifikasi website. Dengan menggunakan TLD yang berbayar membuat reputasi yang baik. Hal ini dapat meningkatkan awareness dan interest pengunjung. Selain itu dapat memikat para Advertising untuk memasang iklan di website kita. Tentunya akan menambah income pemilik website dan dapat memperoleh uang dari hasil blogging. Kalau saya pribadi memasang TLD berbayar karena berharap dapat mengikuti even blogger. Biasanya menjadi syarat utama yaitu blog-nya sudah TLD.

Jasa Layanan Provider Hosting

Jasa layanan provider hosting di Indonesia ada banyak sekali. Contohnya Niagahoster, Domainesia, Hostinger, Rumahweb, dan masih banyak lainnya. Semuanya itu melayani jasa hosting, domain, email, VPS, dan produk sejenis lainnya.

Ketika masuk materi tentang domain di kelas Oprec OBS 2023. Pemateri menyematkan link untuk melihat ketersediaan nama domain milik Rumahweb. Mulai-lah saya cek nama dwinovswa tersedia untuk TLD apa. Ternyata nama tersebut bisa dimuat untuk hampir semua TLD. Saya pun memilih .com karena gampang diingat dan sesuai spesifik blog yang niche-nya lifestyle.

Niche dwinovswa.com 

Kadung sudah cek domain dan tersedia yang saya inginkan. Akhirnya milih belanja TLD di Rumahweb. Toh, review dari pembeli pun bagus. Banyak clien mereka dari brand-brand terkenal sebut saja, ZOYA, Mandiri Dana Pensiun, Bank Mayapada, JawaPos.com, dan lainnya.

Untuk harga saya rasa masih standar, kurang lebih sama dengan layanan provider lainnya. Kalian bisa cek domain dan harganya di website Rumahweb. Siapa tahu mau buka toko online, kan. Bisa banget karena mereka ada paket jasa pembuatan website. Kalian cukup infokan konten yang diinginkan. Terima beres dan tinggal posting barang dagangan.

Website Rumahweb 

Langkah awal memasang domain yang pertama, kalian harus beli TLD. Transaksi pembelian seperti belanja online pada umumnya. Untuk kalian yang memiliki website dari Blogger, cukup belanja domain aja. Gak perlu ambil paket hosting. Penjelasannya nanti kalau ada yang tanya di komentar, hehehe. Pilihan pembayaran di Rumahweb bervariasi dan cukup lengkap. Saya memilih membayar menggunakan OVO. Hanya hitungan detik berhasil bawa TLD .com. Sekarang waktunya unboxing tat tara tara, Hehehe.

Panduan Memasang TLD Via Rumahweb

Setelah berhasil beli, akan ada email berisi link. Nah, kalian harus buka link tersebut untuk melakukan verifikasi yang diarahkan ke subdomain Rumahweb, clientzon.rumahweb.com. Disanalah proses awal pemasangan domain dimulai.

Langkah Pertama

Kalian haru masuk dengan email dan password yang sudah di buat sebelumnya.

Langkah Kedua

Akan muncul tampilan seperti ini,

Custom domain di rumahweb













Nah, kalian pilih Domain dan klik Manage ->. Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini (kita akan sering bersingungan dengan halaman ini, namanya 'Halaman Manage Domain)

Custom domain di rumahweb

Oke, sampai sini kita tinggalin Halaman Manage Domain dulu. Kemudian beralih ke langkah ketiga.

Langkah Ketiga

Kali ini beralih ke akun Blogger kalian. Masuk ke dashboard pilih menu setelan.
apa itu domain











Pilih Domain kustom, maka akan muncul kotak dialog. Domain yang kalian isi sesuai dengan domain yang kalian beli, tulis lengkap beserta www. Setelah disimpan akan muncul kotak dialog berisi CNAME.

apa itu domain
Nah perhatikan garis biru dan hijau yang saya tandai, tapi jangan buru-buru disimpan. Kita akan tinggalkan halaman Blogger dan beralih ke Halaman Manage Domain.

Langkah Keempat

Pada Halaman Manage Domain, pilih menu Nameserver Setting.  Jika sudah, akan tampil kotak seperti ini.

custom domain di rumahweb
Pastikan nameserver kalian seperti pada gambar. Kalau berbeda, edit dan samakan. Kemudian, Klik Change Nameserver. Setelah itu, otomatis dikembalikan ke Halaman Manage Domain. 

Langkah Kelima

Dalam halaman Manage Domain, pilih menu  DNS Management. Klik ‘Add New Record’ hingga muncul tampilan di bawah ini,
custom domain di rumahweb






Panduan mengisi kolom Manage DNS:

Domain: Kosongkan

TTL: 86400

Record: A (gunakan tombol navigasi kanan)

IP or Hostname: 216.239.32.21

Kemudian Add Record

Setelah mengisi, tampilan Manage DNS akan jadi seperti gambar di bawah ini.

custom domain di rumahweb







Selanjutnya kalian klik ‘Add New Record’ yang kedua. Akan menampilkan kolom Manage DNS yang sama. Isi sesuai panduan mengisi kolom di atas. Namun, isi IP or Hostname-nya berbeda. 

Isi IP or Hostname, ke- 2, ke-3, dan ke-4:

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

Yap, betul. Jadi kalian buat Add New Record sebanyak 4x dengan IP or Hostname berbeda. 

Langkah Keenam

Selanjutnya kita buat CNAME Record. Langkahnya sama seperti langkah kelima. Add New Record, yang berbeda cara isinya. Saya pandu melalui gambar, ya,
custom domain di rumahweb

Setelah isi harus klik Add Record. Jangan lupa Add New Record lagi dan isi dengan kode CNAME yang hijau. Jadi DNS A ada 4 dan CNAME ada 2.

Kalau sudah ikuti panduan dalam gambar. Kalian sudah buat Add New Record sebanyak 6, seperti gambar di bawah ini.

custom domain di rumahweb







Setelah DNS berupa A dan CNAME record dibuat. Silahkan tunggu proses propagasi DNS kurang lebih selama 1-24 jam. Jangan dipantengin laptopnya, tinggalin aja dulu. Ngedrakor kek, ngegame, atau kelonin anak sampai ikut ketiduran, bablas sampai pagi (saya banget, hehehe). Setelah ditinggal inshaAllah TLD kalian sudah terpasang.

Oh, iya! Satu lagi, cara mengatur pengalihan domain. Misalnya ada pengunjung website saya, hanya ngetik dwinovswa.com (tanpa didahului www) bisa langsung diarahkan ke website. Caranya, kalian masuk ke dashboard Blogger. Seperti gambar langkah ketiga. Pilih ‘Alihkan Domain’ dan bulirnya digeser.

Selesai sudah artikel kali ini. Semoga panduan memasang TLD via Rumahweb berguna untuk yang ingin custom domain. Saya rasa pakai layanan provider manapun, kurang lebih caranya sama, deh. Jadi selamat mencoba. Terima kasih and ba bye …. 

tampilan before after domain dwinovswa



Panduan Memasang TLD Via Rumahweb Panduan Memasang TLD Via Rumahweb Reviewed by Dwi Noviyanti on August 08, 2023 Rating: 5

No comments:

Followers

Powered by Blogger.